Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

PBAK IAIN Kudus 2024 Resmi Dibuka

parist  id
Rabu, Agustus 14, 2024 | 20:17 WIB

 

Pembukaan oleh jajaran pimpinan (Dokumentasi: IAIN Kudus) 

Kampus, PARIST.ID - Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa baru IAIN Kudus resmi dibuka di Lapangan Sentral Kampus Timur IAIN Kudus pada Rabu, 14/8/2024.

Acara berlangsung meriah dengan partisipasi aktif peserta dari setiap fakultas. Menurut data yang didapatkan oleh tim LPM Paradigma, PBAK tahun ini diikuti oleh sebanyak 2.538 mahasiswa baru dengan rincian Fakultas Tarbiyah sebanyak 1148, Fakultas Syariah sebanyak 193, Dakwah: 307, Ushuludin: 202, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 688 peserta. PBAK 2024 mengusung tema "Generasi Penggerak Indonesia Emas" dengan makna yang penuh filosofis. 

"Makna dari tema tersebut adalah mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi spirit pelopor perubahan dalam menyiapkan diri untuk menyongsong Indonesia emas 2045," ungkap ketua panitia PBAK 2024, Ahmad Khairul.

Disampaikan pula oleh ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa, Zuvan Dwi Budiharso mengenai makna dari tema PBAK tahun ini.

"PBAK ini sebagai momentum penting untuk menyadari peran sebagai perubahan generasi bangsa. Jadikan momen PBAK sebagai perjalanan panjang yang penuh tantangan dalam menyambut Indonesia emas 2045," tambah Zuvan Dwi Budiharso.

Diadakannya PBAK tidak luput dari peraturan yang telah ditetapkan dari pemerintahan pusat, hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. H. Kisbiyanto, S.Ag., M.Pd.

"PBAK diadakan atas prakarsa dari Kementerian Agama, jadi dari seluruh UIN/IAIN pasti melaksanakan PBAK. Serta mandat dari Rektor agar PBAK tahun ini lebih simpel acaranya dengan memberikan pengertian khusus mengenai IAIN Kudus, yaitu budaya akademik kemahasiswaan yang lebih rasional dan lebih progesif," ucap Dr. H. Kisbiyanto, S.Ag., M.Pd.

Pemukulan gong sebagai bentuk peresmian. (Dokumentasi: IAIN Kudus

"Posisi transisi dari pramahasiswa menjadi mahasiswa, PBAK ini sangat penting dan lebih dominan dalam pengenalan budaya kampus, fasilitas, kemahasiswaan untuk memenuhi bakat dan minat mahasiswa. Sebagai penggerak harus dinamis mengikuti perkembangan zaman untuk menghadapi dinamika kehidupan. Untuk bisa dinamakan mahasiswa yang mempunyai idealisme tinggi tidak bisa didapatkan secara instan namun harus melewati prosesnya. Seperti halnya proses Transformasi IAIN Kudus menjadi UIN Sunan Kudus tidak lepas dari peran seluruh mahasiswa, maka saya harap seluruh mahasiswa mampu berpartisipasi dalam bagian perubahan yang lebih baik lagi." Tambah Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrahman Kasdi, Lc. M. Si.

Lebih lanjut, kegiatan PBAK dilaksanakan selama 4 hari ke depan, yakni dari tanggal 14 - 17 Agustus 2024.

*Reporter: Lovina Nur Elah Zaim & Ella Kartika Sari
*Editor: Eka Rizkia Larasati

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PBAK IAIN Kudus 2024 Resmi Dibuka

Trending Now