Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Bersama KKN 042 IAIN Kudus berikan Sosialisasi Pencegahan Bullying di Sekolah

parist  id
Rabu, September 11, 2024 | 14:49 WIB


Grobogan, PARIST.ID - Mahasiswa KKN MB 042 Lebengjumuk, Grobogan, Jawa Tengah, Institut Agama Islam Negeri Kudus menyelenggarakan sosialisasi anti Bullying yang dilakukan serentak kepada siswa SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Lebengjumuk. Acara ini digelar pada hari Rabu,  (11/09/2024). 

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekaligus meningkatkan kesadaran sikap dan perilaku anti Bullying. Dimana seluruh anggota KKN MB 042 Lebengjumuk ikut serta dalam penyampaian materi "Anti Bullying." Materi sosialisasi Anti Bullying diantaranya meliputi; Pengertian Bullying, Bentuk-bentuk Bullying, dampak dan penyebab, langkah pencegahan dan Hukum penanggulangan Bullying. 

Untuk meningkatkan pemahaman, siswa diajak untuk berperan dalam study kasus Bullying. Terdapat 4 siswa yang ikut berpartisipasi dalam studi kasus tersebut. Dengan 2 orang mengambil peran sebagai teman yang menasehati, 1 korban bullying dan 1 pelaku bullying. Siswa-siswi SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Lebengjumuk terlihat sangat antusias dalam menyimak penjelasan yang dipaparkan langsung oleh Mahasiswa KKN MB 042 IAIN Kudus.



Tanggapan dari pihak SD Negeri 1 Lebengjumuk terkait kegiatan sosialisasi Anti Bullying yang di sampaikan oleh Pak Budi selaku Wali kelas 6 bahwa untuk menciptakan kelas yang baik, kita dapat mengubah tata tertib kelas menjadi keyakinan kelas yang disepakati seluruh anggota kelas dengan mengubah konotasi negatif menjadi positif. Contohnya kalimat "Jangan saling mengejek" Diubah menjadi kalimat "saling menghormati."

Selanjutnya dari Pihak SD Negeri 2 Lebengjumuk oleh Bu Yuni memberikan pesan kepada Mahasiswa KKN MB 042 Lebengjumuk dimana seorang pendidik jangan pernah bosan untuk selalu mengingatkan kepada siswa siswi nantinya agar selalu menerapkan sikap dan perilaku anti bullying. 

"Taraf kasus Bullying di SD Negeri 2 Lebengjumuk masih tinggi, sehingga kegiatan sosialisasi ini sangat membantu siswa-siswi untuk memahami Bullying" tambahnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersama KKN 042 IAIN Kudus berikan Sosialisasi Pencegahan Bullying di Sekolah

Trending Now