Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Meneladani Nabi: KKN MB 131 IAIN Kudus kolaborasi dengan IRMAS Al Mustofa adakan Pengajian Maulid sebagai Pendorong Moderasi Beragama

parist  id
Minggu, September 22, 2024 | 14:47 WIB

Grobogan, PARIST.ID - Pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung dengan sukses pada Ahad 22 September 2024, pukul 19.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh IRMAS Al Mustofa yang berkolaborasi dengan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama 131 IAIN Kudus di halaman Masjid Al Mustofa, Tebon Krajan, Kebonagung, Tegawanu.

Acara ini bertepatan dengan bulan rabiul awal yang dimulai dengan sambutan dari ketua panitia dan kepala desa yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan do'a. Selain itu acara ini dimeriahkan oleh Hadroh Ashbul Ma’wa dari Semarang dan ada perwakilan dari salah satu mahasiswa KKN IAIN Kudus yang menjadi MC sebagai simbol implementasi moderasi beragama dan dilanjut ceramah yang di isi Kyai Abdullah Hamid Damaryono dari Pati, beliau menjelaskan tentang keutamaan Nabi Muhammad sebagai manusia paling sempurna dan mulia. 

Dalam ceramahnya, ia mengingatkan pentingnya bershalawat dan mencintai Nabi dengan mengikuti sifat-sifatnya serta menghilangkan kebencian kepada sesama umat manusia. “jika kita cinta pada Nabi Muhammad, maka hilangkan rasa benci kepada sesama manusia, rasa benci kepada manusia itu tidak ada faedahnya ” terangnya

Prima Utama Rinaldi, selaku Ketua IRMAS Al Mustofa, menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran acara ini. Ia berharap acara serupa di masa yang akan datang dapat lebih baik lagi. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, teman-teman KKN-MB 131 IAIN Kudus dan tamu undangan yang hadir. Semoga kita semua mendapatkan berkah dari acara ini,” tuturnya.

Acara ini juga sebagai bentuk program kerja individu dari salah satu mahasiswa KKN-MB 131 IAIN Kudus keprodian Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin, dengan dosen pembimbing lapangan bapak Hasan Syamsuddin. Acara ini sebagai bentuk moderasi beragama yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Beliau menekankan pentingnya mengutamakan toleransi dan menghargai perbedaan di tengah masyarakat.

Adanya acara ini diharapkan memberikan manfaat mengenai pentingnya sikap moderasi beragama yang di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan agar masyarakat bisa menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw.

(Nur Laily Oktavia, Revi Aditiya Ferdian, Putri Khoir Rahma)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meneladani Nabi: KKN MB 131 IAIN Kudus kolaborasi dengan IRMAS Al Mustofa adakan Pengajian Maulid sebagai Pendorong Moderasi Beragama

Trending Now