Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Pelatihan Ekonomi Kreatif: Menciptakan Kain Unik dengan Ecoprint Bersama Ibu-Ibu PKK Desa Sumurgede

parist  id
Jumat, September 27, 2024 | 23:22 WIB

Grobogan, PARIST.ID- Ibu-ibu PKK Desa Sumurgede bersama dengan Tim KKN 033 IAIN KUDUS sukses menyelenggarakan pelatihan ecoprint pada Jumat (27/9) di balai desa. Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu program pemberdayaan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar lingkungan desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sumurgede, Bapak M Margono, menyampaikan rasa bangga dan dukungan penuh terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh tim KKN dan ibu-ibu PKK. 

"Pelatihan ini merupakan langkah yang sangat baik dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita, terutama untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu PKK. Saya berharap hasil dari pelatihan ecoprint ini dapat menjadi peluang usaha baru yang berkelanjutan untuk masyarakat Desa Sumurgede," ujarnya.

Selain itu, Ketua PKK Desa Sumurgede, Ibu Fatimah, SE , juga memberikan sambutan hangat dan mengungkapkan apresiasi kepada tim KKN yang telah membantu meningkatkan keterampilan para ibu-ibu PKK melalui inovasi ecoprint. 

"Kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa KKN yang sudah berbagi ilmu dan kreativitasnya. Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat besar, tidak hanya bagi ibu-ibu PKK, tetapi juga untuk masyarakat desa secara keseluruhan. Harapan kami, ecoprint bisa menjadi salah satu produk unggulan desa selain itu juga bisa menjadi kenang-kenangan dari tim KKN untuk ibu" PKK," kata Ibu Fatimah, SE.

Pelatihan ini berlangsung dengan antusias, di mana para peserta diajarkan cara membuat motif kain menggunakan 2 teknik ecoprint, yaitu teknik dikukus (steaming) dan dipukul (pounding) dengan menggunakan dedaunan, bunga, dan bahan-bahan alami lainnya. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk berkreasi diatas kain dan ada juga totebag yang telah disiapkan oleh tim KKN.

Ibu Indah, salah satu peserta, merasa sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. 

"Awalnya saya belum tahu apa itu ecoprint, tapi setelah ikut pelatihan ini, ternyata sangat menarik dan mudah dipelajari. Semoga ke depannya bisa menjadi tambahan penghasilan buat kami," ungkapnya.

Dalam pelatihan ecoprint ini tidak hanya menjadi ajang belajar, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan sosial antaranggota PKK. Selain itu, tim KKN berharap, dengan adanya pelatihan ini, ibu-ibu PKK bisa terus mengembangkan keterampilan yang didapat dan menjadikannya sebagai usaha mandiri yang menguntungkan.

Penulis : Ahda

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Ekonomi Kreatif: Menciptakan Kain Unik dengan Ecoprint Bersama Ibu-Ibu PKK Desa Sumurgede

Trending Now