Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

PENYULUHAN PENCEGAHAN STUNTING DI DESA DEPOK: MAHASISWA KKN-MB IAIN KUDUS DAN BIDAB DESA BERSINERGI MENGEDUKASI MASYARAKAT

parist  id
Sabtu, September 21, 2024 | 17:05 WIB

 



Grobogan, PARIST.ID - Masalah stunting terus menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia, karena dampaknya yang sangat besar terhadap perkembangan generasi muda. Stunting adalah kondisi di mana tinggi badan anak tidak sesuai dengan usianya, yang disebabkan oleh kekurangan gizi dalam jangka panjang. 

Stunting tidak hanya menghambat pertumbuhan fisik, tetapi juga dapat memengaruhi perkembangan otak, yang berdampak pada kemampuan belajar, inovasi, dan produktivitas anak di masa mendatang. Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, hal tersebut bisa menghambat upaya mencapai Indonesia Emas 2045, yaitu sebuah visi untuk menciptakan generasi muda yang unggul, sehat, dan kompetitif di kancah global.

Menanggapi masalah ini, Mahasiswa KKN-MB 146 IAIN Kudus berkolaborasi dengan Bidan Desa Depok untuk mengadakan penyuluhan yang berfokus pada pencegahan stunting melalui perbaikan nutrisi. Kegiatan dilaksanakan pada 19 September 2024

Acara ini diselenggarakan di Balai Pertemuan Kantor Desa Depok pada Kamis, 19 September 2024, dengan dihadiri oleh 26 peserta, yang terdiri dari ibu hamil (15 orang), ibu balita (5 orang), Bidan Posyandu (2 orang), perawat desa (1 orang), serta Ibu Kepala Desa, Babinkamtibmas, dan Babinsa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para orang tua, terutama ibu hamil dan ibu balita, mengenai pentingnya pemberian nutrisi yang cukup dan berkualitas pada masa kehamilan hingga masa pertumbuhan anak. 

Selama acara berlangsung, seluruh peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya pola makan seimbang, asupan gizi yang diperlukan pada masa kehamilan dan masa pertumbuhan anak, serta dampak jangka panjang dari kekurangan nutrisi. Para mahasiswa KKN juga membuka sesi tanya jawab interaktif, para peserta bertanya dan berdiskusi aktif secara langsung mengenai masalah nutrisi dan kesehatan anak yang mereka alami sehari-hari. 

Salah satu upaya konkret dalam kegiatan ini adalah pembagian susu formula kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan, sebagai ikhtiar untuk mendukung program pemerintah untuk pemenuhan gizi anak-anak Desa Depok. 

Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mencegah stunting di Desa Depok dan sekitarnya terutama kalangan ibu hamil dan ibu balita untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk anak-anak, baik melalui makanan sehari-hari maupun melalui suplemen yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan.

Berita ditulis oleh Ni'mah

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PENYULUHAN PENCEGAHAN STUNTING DI DESA DEPOK: MAHASISWA KKN-MB IAIN KUDUS DAN BIDAB DESA BERSINERGI MENGEDUKASI MASYARAKAT

Trending Now