Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

TIM KKN-MB 146 IAIN KUDUS MENGGANDENG PERPUSDA KABUPATEN GROBOGAN KERJASAMA PENGEMBANGAN LITERASI DI PELOSOK DESA

parist  id
Kamis, September 12, 2024 | 14:18 WIB
dokumentasi tim KKN MB 146 kunjungan ke perangkat desa 

Grobogan, PARIST.ID - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Kudus telah memasuki pekan kedua. Setelah pekan pertama Tim KKN-MB 146 IAIN Kudus memaksimalkan untuk kegiatan kunjungan dan sowan ke perangkat desa dan lembaga-lembaga desa Depok, di pekan kedua Tim KKN-MB 146 bergerak pada program pendidikan dengan menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan untuk menjalin kerjasama, Selasa (10/09/2024).

"Kami memiliki fokus ke bidang pendidikan karena di desa Depok Kecamatan Toroh ini pendidikan bagian dari potensi desa," Ucap Ketua Tim KKN-MB 146 IAIN Kudus Tahun 2024.

"Program pengembangan literasi yang di rencanakan tim KKN-MB 146 merupakan upaya untuk membangun kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya pendidikan. Nama program pengembangan literasi yaitu Teman Baca," Imbuhnya. 

Tujuan program literasi yaitu mewadahi anak-anak desa dalam mengembangkan literasi membaca. Target dalam program ini adalah anak-anak SD & SMP desa Depok. 

Dalam agenda ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan mensupport dengan memfasilitasi sebanyak 40 buku dengan judul yang berbeda.  Jenis buku terdiri buku cerita, buku dongeng, buku tentang lagu daerah dan lainnya. 

"Program literasi merupakan program yang positif. Literasi dibangun dan di kenalkan di desa-desa, semoga kedepannya program ini berkelanjutan dengan adanya perpustakaan desa di waktu yang akan datang," Kata Bu Arifah Nurcahya selaku Pustakawan Dinarpusda Kabupaten Grobogan.

Program literasi ini akan dilaksanakan mulai hari Sabtu tanggal 14 September 2024. Tempat pelaksanaan di Posko KKN-MB 146 IAIN Kudus yang tersedia halaman yang luas dan dapat menampung anak-anak ikut kegiatan literasi. 

Lamanya KKN akan berlangsung selama 45 hari atau 1 bulan lebih 15 hari. Fokus bidang pendidikan merupakan salah satu fokus potensi sentral selama menjalani KKN di Desa Depok Kecamatan Toroh.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TIM KKN-MB 146 IAIN KUDUS MENGGANDENG PERPUSDA KABUPATEN GROBOGAN KERJASAMA PENGEMBANGAN LITERASI DI PELOSOK DESA

Trending Now