Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Jalin kolaborasi dengan BPBD Kudus, hingga datangkan perahu karet, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam tingkatkan variasi pembelajaran dalam mata kuliah

parist  id
Minggu, Oktober 06, 2024 | 23:07 WIB

Grobogan, Parist,id-Selasa, 1 Oktober 2024, bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila dan Bulan Peringatan Pengurangan Resiko Bencana, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam mengadakan _visiting lecture_ mata kuliah Manajemen Bencana dengan mengundang dosen tamu dari BPBD Kudus.

Melalui program ini, mahasiswa prodi pengembangan masyarakat berupaya mengoptimalisasi peran pemuda pancasila dengan mendatangkan Bapak Munaji ( Kasie Kedaruratan BPBD Kudus) dengan mengusung tema Peran Pemuda Sebagai Agen Lingkungan dan Kebencanaan, hingga mengupas tuntas tentang evakuasi dan penanganan korban banjir.

Kegiatan yang diikuti oleh 65 mahasiswa ini yang terdiri dari mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam dan Mahasiswa MBKM Tadris IPA), diawali dengan pemaparan materi tentang kesiapsiagaan bencana, bagaimana cara membentuk masyarakat yang tangguh bencana, diskusi interaktif, hingga praktik perakitan perahu karet dan tata cara penggunaannya. Perahu karet ini merupakan fasilitas milik dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Prodi Pengembangan Masyarakat Islam. Perahu karet ini diharapkan dapat menunjang dan sebagai sarana pembelajaran mata kuliah Manajemen Bencana yang diampu oleh Ibu Nuril Maghfirah, S.E.,M.Sc.

Setelah praktik perakitan perahu karet di Laboratorium Terpadu itu berakhir, acara dilanjutkan ke Waduk Logung, Kandangmas, Kudus, untuk praktik evakuasi, simulasi penanganan korban banjir.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa prodi Pengembangan Masyarakat Islam yang nantinya akan sering bertugas di masyarakat supaya membentuk masyarakat yang tangguh bencana dan aware terhadap mitigasi dan pengendalian lingkungan. Acara ini juga bertujuan memperkuat sinergi IAIN Kudus dengan BPBD Kudus.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jalin kolaborasi dengan BPBD Kudus, hingga datangkan perahu karet, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam tingkatkan variasi pembelajaran dalam mata kuliah

Trending Now