Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Kolaborasi Inspiratif: Dosen dan Mahasiswa KKN IAIN Kudus Kelompok 136 Sukses Sosialisasikan PHBS untuk Pencegahan Stunting di Desa Pepe

parist  id
Selasa, Oktober 08, 2024 | 14:05 WIB

Grobogan, PARIST. ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama (MB) IAIN Kudus kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah kesehatan masyarakat. Kali ini, mereka bekerja sama dengan dosen pembimbing untuk menggelar sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 September 2024 tepatnya di TK Dharma Wanita 02 Desa Pepe, Kec Tegowanu, Kab. Grobogan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya ibu hamil dan balita, tentang pentingnya PHBS dalam mencegah stunting.

Stunting, sebagai masalah gizi kronis yang menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak, menjadi perhatian serius. Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Pepe dapat memahami faktor-faktor penyebab stunting serta langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Dalam sosialisai PHBS ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai kalangan, mulai dari Orang tua, anak-anak yang menjadi acuan dalam sosialisasi PHBS ini, Lembaga dari TK Dharma Wanita 02 Desa Pepe hingga kader posyandu sebagai ujung tombak masyarakat, dan Sebagian masyarakat luas Desa Pepe. Jadi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan yang berlangsung meriah ini dihadiri sekitar 50 masyarakat Desa Pepe. Adapun materi yang disampaikan oleh dosen pembimbing selaku narasumber yakni Bu Pasiningsih M.Ed. mencakup berbagai aspek PHBS yang relevan dengan pencegahan stunting, seperti pembiasaan perilaku buang air dan kecil, pembiasaan menuci tangan pakai sabun, Pembiasaan makan makanan sehat dan baik, kemudian yang terakhir pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. 

Selain pemberian materi, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pemberian makanan tambahan (PMT) bergizi kepada anak-anak/balita yang hadir. PMT yang telah didistribusikan telah dirancang dengan memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan gizi anak-anak/balita, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak yang belum terpenuhi. Sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan PHBS, setiap peserta juga mendapatkan sabun untuk mempermudah mereka dalam menjaga kebersihan diri.

"Jadi harapan saya dalam kegiatan sosialisasi ini agar Lembaga dari Tk Dharma Wanita 02 Desa Pepe tau apa saja yang perlu diajarkan pada anak usia dini, kemudian yang utama dengan adanya partisipan dari orang tua guna untuk mensupport kegiatan ataupun program PHBS yang dilakukan oleh sekolah sehingga keduanya dapat berjalan dan hal ini dapat membuat anak akan semakin bagus nantinya. Kemudian adanya anak-anak juga dikarenakan sosialisasi ini menyangkut anak-anak sehingga perlu adanya keterlibatan langsung pada anak guna menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan tidak hanya mengandalkan orang dewasa, anak-anak pun juga perlu diedukasi. Maka dari itu saya mengadakan Sosialisasi PHBS untuk pencegahan stunting,” ujar Bu Pasiningsih M.Ed, dosen pembimbing KKN IAIN Kudus sekaligus Narasumber. 

Kepala Desa Pepe, Pak Supriyanto, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN MB IAIN Kudus. "dengan adanya sosialisasi ini Kami sangat mendukung. Sehingga masyarakat lebih tahu mendalam mengenai Langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam mencegah stunting. Kemudian dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Desa Pepe ini" ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi PHBS ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa KKN MB IAIN Kudus Kelompok 136 terhadap permasalahan stunting di masyarakat Desa Pepe. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolaborasi Inspiratif: Dosen dan Mahasiswa KKN IAIN Kudus Kelompok 136 Sukses Sosialisasikan PHBS untuk Pencegahan Stunting di Desa Pepe

Trending Now