Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat, KKN-MB 006 IAIN Kudus Ciptakan Pojok Baca Melalui Program Donasi Buku

parist  id
Selasa, Oktober 08, 2024 | 12:46 WIB

 


Grobogan, PARIST.ID – Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, kelompok KKN-MB 006 IAIN Kudus melaksanakan program kerja unggulan berupa donasi buku yang bertujuan untuk mendirikan pojok baca di Desa Menduran. Kegiatan donasi buku ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan literasi di desa tersebut karena akses terhadap bahan bacaan masih terbatas. 

Buku hasil donasi diserahkan kepada perwakilan ibu-ibu PKK bertepatan dengan adanya acara Penyegaran dan Pertemuan Kader Posyandu serta TP-PKK Desa Menduran yang bertempat di Sendang Keongan, Klambu, Grobogan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu (22/09/2024). Guna mendirikan pojok baca, mahasiswa KKN-MB juga mengajak ibu-ibu PKK untuk turut berkolaborasi.

Tim KKN-MB juga mengedukasi ibu-ibu PKK tentang pentingnya literasi dan peran membaca. Koordinator kegiatan donasi buku, Hanik Setyawati, menyatakan bahwa kolaborasi dengan ibu-ibu PKK sangat penting. “Buku-buku hasil donasi ini akan kami titipkan kepada ibu-ibu PKK. Dengan melibatkan ibu-ibu PKK, kami berharap buku-buku ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan pojok baca yang nantinya dikelola ibu-ibu PKK dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Ibu-ibu PKK sangat antusias menyambut program ini. Selain turut menyumbangkan buku, mereka juga berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan pojok baca sehingga bisa menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat. Ketua TP-PKK Desa Menduran, Nur Asiah S. Ag. menyampaikan “Terima kasih kepada mahasiswa KKN-MB IAIN Kudus yang sudah menyumbangkan buku, semoga ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.”

Dengan adanya pojok baca, diharapkan masyarakat Desa Menduran dapat meningkatkan minat baca dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas. KKN-MB 006 IAIN Kudus juga berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan literasi di desa yang mereka bina, serta menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Untuk menambah persedian buku di pojok baca Desa Menduran, KKN-MB 006 IAIN Kudus juga mengajak seluruh masyarakat sekitar agar ikut serta berpartisipasi menyumbang buku yang masih layak baca agar dapat bermanfaat.

Penulis: Hanik Setyawati

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat, KKN-MB 006 IAIN Kudus Ciptakan Pojok Baca Melalui Program Donasi Buku

Trending Now