Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Upaya Pengembangan UMKM, Mahasiswa KKN 137 IAIN Kudus Adakan Edukasi Pembukuan Sederhana

parist  id
Jumat, Oktober 04, 2024 | 09:19 WIB

 


Dalam rangka menjalankan program kerja pengembangan UMKM, Mahasiswa KKN 137 IAIN Kudus mengadakan edukasi pembukuan sederhana.

Jessica Yuliana Mustikaningtias menyampaikan tujuan diadakannya edukasi pembukaan sederhana bagi pelaku usaha UMKM Desa Sukorejo biar beliau mengerti arti pentingnya pembukuan sederhana terhadap perkembangan usaha.

"Dikarenakan biasanya para pemilik usaha mereka hanya berfokus pada bagaimana caranya agar produk mereka terjual dan dikenal banyak orang. Padahal, pembukuan sangat penting bagi usaha baik berskala kecil atau besar  karena memiliki banyak sekali fungsi, seperti contoh untuk menilai kondisi keuangan atau mengukur pertumbuhan dan profitabilitas, " tambah Jessica ( Mahasiswi program studi Akutansi Syariah )

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah pelaku UMKM yang ada di Desa Sukorejo, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan. 

Lokasi pertama kegiatan ini dilakukan di UMKM Susu Kedelai milik Suratno. Adapun lokasi kedua yakni bertempat di UMKM Krupuk yang dimiliki Sujud. Kegiatan edukasi ini dilakukan pada Rabu-Kamis (02-03/10/2024). 

Dalam penyampaian materinya, Jessica menyampaikan terkait fungsi pembukuan  dan tata cara pelaksanaan pembukuan secara sederhana. 

Suratno, pemilik usaha UMKM Susu Kedelai, menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengadakan edukasi ini. 

"Alhamdulillah, jadi mengerti soal arti pentingnya pembukuan, yang sebelumnya tidak melaksanakan, sehingga tidak paham tentang keuntungan yang didapatkan, sekarang jadi lebih tau dan paham," ucap warga Dukuh Dukombo Desa Sukorejo tersebut.

Sementara itu, Sujud selaku pelaku UMKM Krupuk merasa senang dan terbantu akan adanya edukasi ini. (Ella)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Pengembangan UMKM, Mahasiswa KKN 137 IAIN Kudus Adakan Edukasi Pembukuan Sederhana

Trending Now